Minggu, 01 April 2012

Visi dan Misi

Visi dan Misi
Visi merupakan sesuatu yang menyatakan impian sebuah organisasi untuk mencapai suatu keberhasilan. Dalam kata lain visi adalah suatu cita-cita yang ingin dicapai agar suatu organisasi mencapai tujuannya. Sedangkan misi merupakan cara apa yang harus dilakukan oleh organisasi untuk mewujudkan atau mencapai suatu visi, dalam kata lain suatu langkah yang harus dilakukan untuk mencapai visi.

Visi pendidikan  kewarganegaraan adalah

1.      Visi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah Untuk menambah wawasan tentang kewarganegaraan, sehingga mengetahui secara mendalam fungsi dan peranan kita yang secara mendalam belum kita ketahui dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

2.      Visi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah Menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dengan kata lain dengan pendidikan kewarganegaraan, kita semakin mencintai Negara Indonesia. 

3.      Visi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi, guna mengantarkan mahasiswa mementapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya. Hal ini berdasarkan pada suatu realitas yang dihadapi, bahwa mahasiswa adalah sebagai generasi bangsa yang harus memiliki visi intelektual, religiuus, berkeadaban, berkemanusiaan dan cinta tanah air dan bangsanya.

4.      Visi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya, agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air da;lam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.

5.      Dengan memperhatikan visi dan misi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu membentuk warga negara yang baik, maka selain mencakup dimensi pengetahuan, karakteristik mata pelajaran Kewarganegaraan ditandai dengan memberi penekanan pada dimensisikap dan keterampilan civics. Jadi, pertama-tama seorang warga negara perlu memahami danmenguasai pengetahuan yang lengkap tentang konsep dan prinsip-prinsippolitik, hukum, dan moral civics. Setelah menguasai pengetahuan selanjutnya seorang warga negara diharapkan memiliki sikap dan karaktersebagai warga negara yang baik serta memiliki keterampilanKewarganegaraan dalam bentuk keterampilan berpartisipasi dalamkehidupan berbangsa dan bernegara, keterampilan menentukan posisi diri,serta kecakapan hidup (life skills)


Sumber Referensi

1 komentar: