Jumat, 31 Desember 2010

Artikel ISD softskill " Penyimpangan Sosial "

Nama : Muhammad Faisal
Kelas : 1IC03
NPM : 24410682

Penyimpangan Sosial

Perilaku menyimpang merupakan hasil dari sosialisasi yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan proses sosialisasi itu disebabkan oleh gagalnya individu atau kelompok untuk mengidentifikasi diri agar pola perilakunya sesuai dengan  kaidah atau nilai dan norma social dimasyarakat.
Salah satu contoh penyimpangan social adalah tindak kekerasan terhadap anak yang akhir-akhir ini kian merebak dimasyarakat kita. Beberapa kasus penganiayaan anak yang dilakukan oleh orang tua sendiri merupakan contoh tindakan perilaku penyimpangan social. Keluarga yang seharusnya menjadi tempat berlindung dan mencari kasih sayang justru menjadi neraka. Kasus-kasus penyiksaan terhadap anak semakin hari semakin meningkat, baik kuantitas maupun kualitasnya sehingga menjadi maslah social yang harus ditangani dengan serius dan maksimal.
Berdasarkan teori psikologi social, seorang mampu melakukan tindak kekerasan dan sadism karena merasa frustasi dan kecewa. Prasaan frustasi dan kecewa ini biasanya dipicu oleh berbagai hal, salah satunya mungkin factor ekonomi. Bagaimanapun bentunya, sadism terhadap anak merupakan perilaku menyimpang, karena tidak sesuai dengan norma-norma, baik norma agama, norma social, maupun norma hokum.
Maslah penyimpangan socialpun dapat teratasi dengan  diperlukannya suatu pengendalian social/ cara yang digunakan untuk menertibkan anggota masyarakat yang membangkang ataupun melakukan penyimpangan social agar masalah yang terjadi tidak akan berkelanjutan dan masalh itu terjadi cukup sampai saat ini saja.

( dikutip dari buku sosiologi 1 untuk SMA kelas X, penerbit Yudhistira).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar