Selasa, 11 Januari 2011

proses sosial


Nama : Muhammad Faisal
Kelas : 1IC03
NPM : 24410682

Proses Sosial
Proses social merupakan proses interaksi dan komunikasi antarkomponen masyarakat dari waktu ke waktu hingga mewujudkan suatu perubahan. Dalam suatu proses social terdapat komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain yaitu:
a)      Stuktur social, yaitu susunan masyarakat secara komprehensif yang menyangkut individu-individu, tata nilai, organisasi social, dan struktur budayanya. Struktur social merupakan suatu bangunan masyarakat yang abstrak dan menentukan bagaimana corak gerakan masyarakat itu menuju suatu perubahan.
b)      Interaksi social, yaitu keseluruhan jalinan antarwarga masyarakat, baik secara individu maupun secara kelompok dalam menyelenggarakan kehidupannya.
c)      Struktur alam yang meliputi letak, bentang alam, iklim, flora dan fauna. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang turut mempengaruhi bagaimana jalannya proses social dalam suatu masyarakat. Masyarakat yang kondisi alamnya tidak ramah akan m emberikan dorongan yang kuat bagi warganya untuk berusaha secara maksimal dalm mempertahankan dan mengembangkan kehidupannya, contohnya masyarakat jepang. Sebaliknya, masyarakat yang didukung oleh kondisi alam yang serba berlimpah dapat memberikan dorongan yang negative, seperti malas dan apatis sehingga terbentuklah suatu etos kerja yang lamban dan faormalistik, contohnya masyarakat Indonesia.

( dikutip dari buku sosiologi 1untuk SMA kelas X, penerbit yudhistira )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar