Rabu, 12 Januari 2011

tugas 1 ISD

Nama : Muhammad Faisal
Kelas : 1IC03
NPM : 24410682



Tingkah laku sosial

          Tingkah laku sosial ada 2, yaitu tingkah laku yang positif dan tingkah laku yang negatif. Tingkah laku positif merupakan salah satu sikap yang mencerminkan suatu kebaikan. tingkah laku ini sangat baik untuk ditiru, Tingkah laku ini bisa juga disebut sebagai salah satu sikap yang tidak merugikan orang lain karena jika hal yang positif itu dilakukan maka hal yang positif pulalah yang kita dapatkan. Tingkah laku negatif, yaitu salah satu sikap yang mencerminkan suatu kekeliruan yang menyebabkan suatu penyimpangan sehingga dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain.
          Contoh-contoh tingkah laku yang positif misalnya rajin beribadah menjalankan syariah agama, patuh dan hormat kepada kedua orang tua, belajar dan sebagainya Adapun contoh-contoh tingkah laku yang negatif seperti mabuk-mabukkan, berjudi, menipu, korupsi dan lain sebagainya.
          Sebagai makhluk sosial kita seharusnya sudah bisa membedakan hal-hal yang baik dengan hal-hal yang buruk. Banyak masyarakat di negara ini dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk itu, tetapi banyak juga yang tidak mengerti apa saja hal yang baik dan buruk itu. Dikota-kota besar misalnya banyak masyarakat yang mengerti tingkah laku positif tetapi melakukan tingkah laku yang negatif pula. Dengan beranggapan Ia hanya melakukan sedikit saja tingkah laku yang negatif. Sebagai makhluk sosial seharusnya kita membuang jauh-jauh anggapan tersebut, jika dipikir secara berulang-ulang, mungkin memang melakukan sedikt tingkah laku yang negatif adalah sebuah kehkhilafan, namun apa daya  ketika kita melakukan sedikit saja tingkah laku tersebut tetapi kita melakukannya secara terus menerus itu sama saja kita melakukan tigkah laku yang negatif yang tanpa kita sadari telah kita lakukan dan dapat disebut juga kita tidak dapat membedakan mana tingkah laku yang positif dan mana tingkah laku yang negatif.
           Banyak cara untuk menghindari tingkah laku yang negatif misalkan memperdekatkan diri kita kepada Sang Pencipta, dengan berupaya menyadarkan diri bahwa yang benar itu seharusnya kita lakukan dan yang salah itu seharusnya kita tinggalkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar