Selasa, 11 Januari 2011

TUGAS ISD

Nama : Muhammad Faisal
Kelas : 1IC03
NPM : 24410682


Perencanaan Sosial
Perenanaan social adalah kegiatan untuk mempersiapkan masa depan kehidupan masyarakat secara ilmiah an bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan. Perencanaan social lebih bersifat preventif. Oleh karena itu, kegiatannya berupa pengarahan-pengarahan dan bimbingan social mengenai cara-cara hidup masyarakat yang lebih baik.
Beberapa kegunaan sosiologi dalam perencanaan social adalah:
1.      Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan masyarakat, baik masyarakat tradisional maupun modern sehingga proses penyusunan dan pemasyarakatan suatu perencanaan social relative lebih mudah dilakukan.
2.      Sosiologi memahami hubungan manusia dengan lingkungan alam, hubungan antargolongan, juga proses perubahan dan pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat. Ini berarti perencanaan ke depan yang disusun atas dasar kenyataan yang factual dalam masyarakat oleh sosiologi relative bisa dipercaya.
3.      Sosiologi memiliki disiplin ilmiah yang didasrkan oleh objektivitas. Dengan demikian, pelaksanaan suatu perencanaan social diharapkan lebih kecil penyimpangannya.
4.      Debgan berpikir secara sosiologis, suatu perencanaan social dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan tingkat kemajuan masyarakat ditinjau dari sudut kebudaaannya, seperti perkembangan iptek. Hal ini dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan lembaga-lembaga kemasyarkatan yang ada.
5.      Menurut pandangan sosiologi, perencanaan social merupakan alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat yang fungsinya untuk menghimpun kekuatan social guna menciptakan ketertiban masyarakat.

( dikutip dari buku sosiologi 1 untuk SMA kelas X,penerbit Yudhistira )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar