Senin, 24 Januari 2011

tugas 3 ISD

Nama : Muhammad Faisal
Kelas : 1IC03
NPM : 24410682

Masalah - Masalah Sosial
            Masalah social merupakan salah satu perilaku yang dilakukan seseorang atau beberapa orang baik itu disadari mapun tidak tidak disadari telah melakukan kekeliruan dalam artian lain tidak mengikuti suatu norma yang ada.
            Ada bermacam-macam contoh masalah social, misalnya saja masalah pencurian/perampokkan yang secar terpaksa dilakukan demi untuk biaya makan sehari-hari, pemerkosaan, pembunuhan  dan masih banyak lagi.
            Tindak kriminal dan kejahatan merupakan salah satu masalah social yang ada dinegara kita. Tindak kriminal dan kejahatan adalah suatu bentuk untuk memenuhi kepuasan materi dengan tanpa memperhitungkan kessesuain diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Mungkin tindakkan itu dilakukan karena suatu sebab yang baik namun cara yang dilakukannya telah melakukan kesalahan yang besar, misalnya seorang bapak/ suami terpaksa melakukan tindak kriminalitas dan kejahatan ( mencuri ) karena buah hati dan istri tercintanya kelaparan. Mungkin niat seorang bapak tadi baik yaitu menafkahi anak dan istrinya, namun bapak tersebut telah melakukan kesalahan besar, tindakannya itu sudah melanggar suatu norma yang berlaku. Seharusnya bapak tersebut harus lebih berusaha dalam mencari/menafkahi keluarganya, misalnya dengan mencari lapangan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan baru yang sesuai dengan kemampuannya.
            Contoh lain masalah social adalah pemerkosaan dan pembunuhan. Masalah tersebut sering terjadi karena tindakan menyimpang. Misalnya saja seorang yang belum cukup umur diam-diam menonton video yang seharusnya tidak layak ditontonnya, dari proses menonton tadi seseorang tadipun merasa penasaran dan ingin mecoba mempraktekkan apa yang dilakukan dalam video yang tak layak ditontonnya itu. Karena rasa ingin mencoba semakin menghantuinya dan tindak pemerkosaanpun akhirnya terjadi juga.
            Masalah social bisa terjadi karena tidak sehatnya mental/pikiran kita sehingga yang tadinya sudah salah akhirnya dilakukan juga. Sebagi manusia yang bernorma agama sebaiknya kita mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga pikiran yang tidak sehat bisa terbuang jauh-jauh dari tubuh kita dan masalah sosialpun bisa kita atasi dan tidak kita lakukan.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar